Senin, 04 Juli 2011

Matthew Bellamy



Matthew James Bellamy, lahir tanggal 9 Juni 1978, di Cambridge, Inggris. Ayah Matt, George adalah rhythm guitar di band 1960an The Tornados, dimana mereka merupakan band british pertama yang menduduki puncak tangga lagu Amerika dengan lagu ‘Telstar’. Matt membuat lagu Knight of Cydonia karena terinspirasi dengan lagu ini. Yaitu dengan genre space rock sound serta video klip dengan koboi, alien, dan mesin waktu. Ibu Matt, Marilyn, lahir di Belfast, Irlandia dan pindah ke Inggris pada tahun 1970an. Pada hari pertama ia pindah, dia bertemu dengan George, yang bekerja sebagai supir taksi di London.

Setelah pindah ke Cambridge, dimana kakak Matt, Paul, lahir. Mereka pun menetap di sana. Matt mulai belajar piano pada umur 6 tahun. Pertengahan 1980an, keluarga itu pindah ke Teignmouth. Setelah ayah dan ibunya bercerai, Matt pun tinggal bersama neneknya yang tidak mempunyai banyak uang. Neneknya lah yang mengajari Matt untuk bermain gitar, ketika ia berusia 14 tahun.
Dari sinilah karier Matt dimulai. Dia pun membentuk band bersama Dom Howard . Setelah dua tahun dan para personil lain band mereka keluar, mereka mengajak Chris Wolstenholme. Band mereka pun melaju dengan cepat hingga akhirnya bisa sampai seperti sekarang. Di band Muse, Matt selain menjadi gitaris dan vokalis, dia juga merangkap sebagai pianis dan komponis. Hampir semua lagu yang telah diciptakan Muse, dialah yang membuat lirik dan arasemennya. Jadi bisa di bilang Matt Bellamy adalah frontmannya Muse. Tanpa dia, Muse tak akan mencapai kesuksesan seperti sekarang.
Untuk gitar, dia membuat dan merancang gitar itu sendiri bersama Hugh Manson, dengan label Manson guitars. Salah satu gitarnya adalah Silver Manson. Ini merupakan gitar Manson pertamanya dan tentu saja yang paling terkenal. Gitar ini masih ia gunakan sampai saat ini. Sedangkan untuk piano, Matt berganti-ganti piano tiap jamannya. Tapi sekarang dia memakai Kawai piano.
:: Fakta-Fakta Tentang Matt Bellamy ::
  • Sebelum menjadi musisi terkenal, Matt yang mempunyai tinggi 173 cm ini pernah bekerja sebagai pembersih karavan dan tukang cat.
  • Matt lancar dalam mengucapkan huruf abjad secara terbalik, yaitu zyxwvutsrqponmlkjihgfedcba
  • Matt memiliki adik perempuan tiri dari hasil pernikahan ayahnya yang lain.
  • Saudara laki-laki George Bellamy tertembak dan mati di utara Irlandia sekitar tahun 1960-1970an dalam keadaan yang mencurigakan. Dia adalah tentara dari British Amry, tapi IRA tidak pernah mendapatkan petunjuk tentang kematiannya dan tak ada hasil yang berarti. Itu merupakan salah satu faktor obsesi Matt akan teori konspirasi.
  • Matt Bellamy telah mempublisasikan alamat e-mail nya. Yaitu qua[et]aol.com. Entah apakah alamat itu masih berfungsi atau tidak.
  • Matt Bellamy juga menggunakan narkoba yang bernama hallucinogens, yakni sejenis obat yang bisa membuat kita berhalusinasi. Tapi dia hanya mengomsumsinya setahun sekali. “Untuk membuat langkah baru,” katanya.

0 Comment:

Posting Komentar

Daftar Isi

 
Informasi Aku Dan Kamu powered by blogger.com
Informasi Aku Dan Kamu copyright ©